Alat komunikasi Zaman Dahulu





Hello guys balik lagi blog gua, kali ini gua maushare tentang ilmu pengetahun lagi nih.... Jadi baca sampai selesai ya guys.

Ya sesuani judulnya (kalu dibaca judulnya) sekarang gua kasih tau macam-macam alat komunikasi zaman dahulu ya zaman dahulu. Dari kentongan sampai telegraf, ok langsung saja ya.
Yng pertama sudah pasti

#1. Kentongan

Hasil gambar untuk kentongan

Ya pati semua dari kalian sudah tau benda ini ya kan, kentongan yang biasanya di gunakan untuk mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai meda komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

#2. Daun Lontar

Hasil gambar untuk daun lontar

Yang pasti sait ini sudah tidak ada lagi yakan guys, Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Kertas belum ada, sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan. Selain itu, Para raja zaman dulu, menggunakan daun lontar untuk menulis amanat atau pengumuman kepada rakyatnya.

#3. Lonceng



Ya memang sekarang masih ada yang menggunakan lonceng, seperti digereja-gereja, dan yang pasti saat disekolahan mati listrik salah satu penggantinya adalah silonceng ini yakan guys.

#4. Burung Merpati



Ini adalah salah satu dari alat komunikasi yang dipakai pada zaman dahulu, maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum pas pos ada.

#5. Surat



Yang ini sih masih dipakai sampai saat ini guys, tetapi orang dulu masih menggunakan surat dengan cara menulis di kertas atau di daun. Dan yang pati butuh waktu yang lebih lama untuk mencapai tempat tujuannya ya guys.

#6. Asap



Aneh tapi nyata guys, jadi orang zaman dahulu menggunakan asap sebagai alat komunikasi, karna ya canya yang mudah.

#7. Prasasti



Sebagai menandakan tempat atau lokasi tertentu, zaman dulu membuat prassati sebagai tanda. Yang biasanya ditulisi dibatu.

#8. Terompet



Ya terompet yang biasanya kita gunakan pas malam tahun baruan, ini juga sebagai alat komunikasi zaman dahulu loh guys.

#9. Telegram



Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf.

Alat tersebut walau cara kerjanya menggunakan listrik, tapi masih termasuk dalam daftar alat komunikasi tradisional.

Ok sekian dulu ilmu pengatuhan yang saya bagikan kurang lebihnya mohon maaf, dan kalau kata-katanya agak kurang jelas mohon maaf, See You Next

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Wahyu
admin
February 12, 2017 at 5:56 AM ×

unik ya jaman dulu. info yang bermafaat gan. lanjutkan

Reply
avatar
March 6, 2017 at 5:11 PM ×

bermanfaat sekali tulisannya.
cek tulisan serupa di :
Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

Reply
avatar
Thanks for your comment